Page Not Found!!!

Nothing Blogger Blog Found!!!

Cara mengelola Web Server lokal

Kalau kemarin saya sudah membahas tentang bagaimana cara installasi XAMPP, nah sekarang sesuai dengan janji saya sebelumnya maka sekarang saya akan membahas tentang cara mengelola file dan dimana letak kita akan meletakan file yang akan dijadikan home page web server kita. Nah sekarang mari kita mulai, Ready... Set... Go!!

Pertama-tama kita membuat suatu home page kita sendiri (bisa pakai editor teks biasa kok eg: notepad atau wordpad), tetapi sebelum membuat file home page terlebih dahulu kita buat direktori baru pada lokasi "C:\xampp\htdocs" buatlah direktori dengan nama "latihan", selanjutnya kita buka editor teks kita lalu tuliskan kode dibawah ini;



<html>

<head>

<title> Home page </title>

</head>


<body>

<center>

<h1> Hallo </h1>

</center>

</body>


</html>





Sekarang save as sebagai "index.html", lalu tempatkan file tersebut di direktori "C:\xampp\htdocs\latihan" setelah selesai maka sekarang buka browser favorit anda, lalu ketikan perintah berikut di navigasi browser "http://localhost/latihan" lalu tekan enter. Apabila berhasil maka akan terbuka halaman Home page dengan kata "Hallo" pada browser anda.

Gambar 1

Nah apakah sekarang anda sudah mengerti? Mengapa halaman home page itu dapat ditampilkan pada browser anda?

Ya, betul karena file yang anda ketikan tadi tersimpan pada "root directory web" yang artinya apabila sebuah file disimpan pada root directory web tersebut maka browser akan dapat memanggil dan menampilkannya ketika anda mengetikan "http://localhost/['nama file']".

Tanya:
Lalu kenapa pada saat kita mengetikan "http://localhost/latihan" saja pada navigasi browser kita, kenapa tidak "http://localhost/['nama file']" saja?

Jawab:
Itu karena file yang kita simpan ada pada sub root directory web, makanya kita mengetikan "http://localhost/latihan".

Tanya:
Lalu, kenapa kita tidak mengetikan nama filenya seperti ini "http://localhost/latihan/index.html"?

Jawab:
Itu juga bisa dilakukan, akan tetapi kenapa kita hanya mengetikan "http://localhost/latihan" saja, itu karena ketika kita mengetikan "http://localhost/latihan" web server secara otomatis akan mencari nama file yang bernama index.htm/index.html/index.php, apabila file tersebut ditemukan maka web server akan mempersilahkan browser membukanya. Sehingga pada saat kita ketikan "http://localhost/latihan" maka browser akan dengan sendirinya membuka file dengan nama "index.html" yang telah kita buat sebelumnya.

Nah sekarang anda sudah mengerti khan, sekarang tergantung dari kreativitas anda sendiri ingin membuat halaman home page yang sesuai dengan selera anda masing-masing atau jangan-jangan anda masih tidak memahami bahasa HTML (Hyper Text Mark-Up Language), saya sarankan belajarlah sedikit-sedikit dari sekarang tentang bahasa HTML sekarang banayak kok di toko buku atau dapat membuka situs lain untuk memperdalami bahasa HTML ( saya sarankan untuk referensi yang bagus adalah www.w3c.org )

Sampai disini artikel dari saya, apabila ada kekurangan atau kesalahan saya mohon minta maaf dan sampai jumpa pada artikel berikutnya.



0 comments:

Detik.Com RSS

Hak5.Org RSS

Blogroll's

Techno.Okezone.c0m