Page Not Found!!!

Nothing Blogger Blog Found!!!

Kenalan dengan Batch

Hayo siapa yang punya sistem operasi win**** tapi gak tau apa itu bahasa pemprograman batch ato ada yang gak tau juga apa itu batch file? weleh-weleh ketik C spasi D, cape dech :P.
Nah kalo gitu gua akan jelasin sedikit tentang batch file pada artikel kali ini. Bahasa yang digunakan dalam pemprograman batch menggunakan bahasa DOS(Disk Operating System) untuk yang belum tahu apa itu DOS, Anda bisa temukan pada menu START->RUN lalu ketikan CMD pada textbox yang ada pada RUN.

Sebenarnya Batch menggunakan bahasa DOS dalam melakukan operasi didalamnya, akan tetapi Batch merupakan baris perintah yang dituliskan ke dalam file dan untuk menjalankannya kita hanya melakukan double klik atau memanggil file tersebut pada DOS sehingga kita dapat melakukan beberapa operasi dalam seketika.

Batch sebenarnya dapat melakukan operasi inti yang ada didalam win*****, contohnya: mengakses registry, melakukan manpulasi(membuat dan menghapus) file, dan lain-lain. Sebenarnya apabila kita dapat menguasai sepenuhnya bahasa DOS maka kita dapat menguasai sistem operasi win***** sepenuhnya, karena menurut saya bahasa DOS merupakan bahasa inti dalam sistem operasi win*****.

* Tanya: Lho, kok penjelasannya aja, mana contohnya!!?
* Jawab: Sabar donk, semuanya itu kan ada prosesnya. Jangan suka yang instan-instan aja pelajari aja dulu, ok! character. Tapi kalo udah gak sabar, neh gua kasih contoh pemprograman batch.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah:

1. Kompi(bahasa gaulnya komputer), ya iya lah kalo gak pake komputer gimana bikinnya.
2. Text editor kesayangan Anda(notepad,wordpad, dll), kalau saya seh notepad aja.
3. Tampang yang sedikit bloon (coz belum ngerti yach).
4. Minuman dan cemilan secukupnya.

Nah, kalo udah siap keempat bahan tadi dicampur jadi satu dan di aduk hingga rata dan jadilah tampang serius yang mau belajar, hehehe happy Lalu ketikan baris program ini di teks editor Anda:
-----------[awal program
1: echo off
2: cls
3: echo Ini program pertama saya dengan batch.
4: pause
-----------[akhir program

Nah kalo udah simpanlah file tersebut dengan ekstensi .BAT

* Tanya: Lho kenapa harus .BAT seh ekstensinya?
* Jawab: Ya, karena salah satu ciri-ciri file batch adalah memiliki ekstensi .BAT karena DOS hanya akan mengeksekusi langsung file tersebut apabila di lakukan double klik.

Lalu lakukan doubel klik pada batch file yang telah kita buat tadi, maka hasilnya akan tampak seperti ini:

Nah, udah bisa kan trus apa lagi, mau menunggu artikel selajutnya aja? Eit, tunggu dulu jangan buru-buru donk, gak mau dengar penejelasanya? Neh dia penjelasannya, kita mulai ya:

* Baris 1: fungsi "echo" sendiri merupakan fungsi yang telah ada pada DOS yang berfungsi untuk menampilkan teks pada layar sedangkan pada baris ini fungsi "echo off" berfungsi untuk tidak menampilkan directori aktif contoh: "C:\>" akan dihilangkan, dan untuk mengembalikannya Anda dapat ketikan "echo on".
* Baris 2: fungsi "cls" juga merupakan fungsi yang telah ada pada DOS yang berfungsi untuk membersihkan layar atau menghapus output yang telah tampil sebelumnya.
* Baris 3: pada baris ini kita akan menampilkan teks "Ini program pertama saya dengan batch."
* Baris 4: fungsi "pause" juga merupakan fungsi yang telah ada pada DOS yang berfungsi untuk menghentikan layar DOS atau membuat DOS menunggu kita untuk menekan sembarang tombol pada keyboard.

Nah gua pikir sudah cukup artikel batch perkenalan kita, untuk selajutnya nantikan artikel selanjutnya.


0 comments:

Detik.Com RSS

Hak5.Org RSS

Blogroll's

Techno.Okezone.c0m